Cara Cepat Belajar Hiragana dan Katakana Untuk Pemula

Belajar Hiragana dan Katakana

Posted by

Halo minnasan, kembali lagi dengan Teamadara yang akan memberikan materi dasar belajar hiragana dan katakana. Karena huruf ini wajib banget buat dihafal bagi kamu yang ingin belajar bahasa jepang.

Seperti yang sudah saya sampaikan pada artikel Belajar Bahasa Jepang, jepang memiliki tiga aksara, yang salah duanya ialah hiragana dan katakana. Jika anda tidak hafal huruf ini bagaiamana bisa membaca kalimat bahasa jepang? Mari belajar bahasa Jepang.

Huruf hiragana merupakan huruf yang paling sering digunakan oleh jepang. Selain itu, biasanya dipakai untuk memudahkan kita dalam membaca kanji, atau bisa disebut furigana. Furigana ialah tulisan hiragana kecil diatas kanci untuk memudahkan pembacanya.

Karena seperti yang kita ketahui, jumlah kanji sangat banyak, sehingga teman-teman yang masih belajar akan kesulitan, termasuk saya. Untuk memperbudah pembacaan dibuatlah furigana tersebut.

Belajar Huruf Hiragana

Furigana akan percuma jika kita tidak bisa membaca huruf hiragana. Oleh sebab itu, mari kita mulai belajar huruf hiragana, mulai dari bentuk, cara menulis, hingga kepelafalan. Diusahakan dalam seminggu atau kurang, anda sudah lancar membaca hiragana.

1. Hiragana Standar

Saya yakin, jika teman-teman disini tekun dan giat belajar maka tidak akan yang tidak mungkin. Nah berikut saya berikan tabel huruf hiragana serta cara pelafalannya sekaligus, silahkan dipahami.

AIUEO
あ (a)い (i)う (u)え (e)お (o)
か (ka)き (ki)く (ku)け (ke)こ (ko)
さ (sa)し (shi)す (su)せ (se)そ (so)
た (ta)ち (chi)つ (tsu)て (te)と (to)
な (na)に (ni)ぬ (nu)ね (ne)の  (no)
は (ha)ひ (hi)ふ (fu)へ (he)ほ (ho)
ま(ma)み (mi)む (mu)め (me)も (mo)
や (ya)ゆ (yu)よ (yo)
ら (ra)り (ri)る (ru)れ (re)ろ (ro)
わ (wa)を (wo)
ん (n)

Contoh Kata Hiragana Standar:

  • もり = Mori, Hutan
  • ふたり = Futari, Dua Orang
  • ゆき = Yuki, Salju

2. Hiragana Tenten dan Maru

Selain huruf hiragana standar, adapula huruf hiragana yang menggunakan tambahan tenten dan maru. Tenten merupakan sebutan dari tanda dua garis petik yang ada diatas huruf, sedangkan maru adalah tanda lingkaran.

Dalam belajar hiragana ini cukup penting, karena tanda tersebut akan mengubah pelafalan pada huruf hiragana. Nah berikut adalah huruf yang memiliki tenten dan maru, silahkan perhatikan baik-baik.

AIUEO
が gaぎ giぐ guげ geご go
ざ zaじ jiず zuぜ zeぞ zo
だ daぢ (ji)づ (zu)で deど do
ば baび biぶ buべ beぼ bo
ぱ paぴ piぷ puぺ peぽ po

Contoh Kata Hiragana Tenten dan Maru

  • みぎ = Migi, Kanan
  • ごめんなさい = Gomenasai, Maaf
  • じかん = Jikan, Waktu

3. Hiragana Yōon

Terakhir ada type hiragana yōon yang terdiri dari dua huruf yang membentuk pelafalan berbeda dari yang lainnya. Untuk huruf kedua dituliskan lebih kecil dari huruf sebelumnya, hal tersebut menandakan bahwa huruf itu termasuk yōon.

YaYuKyu
きゃ kyaきゅ kyuきょ kyo
しゃ shaしゅ shuしょ sho
ちゃ chaちゅ chuちょ cho
にゃ nyaにゅ nyuにょ nyo
ひゃ hyaひゅ hyuひょ hyo
みゃ myaみゅ myuみょ myo
りゃ ryaりゅ ryuりょ ryo
ぎゃ gyaぎゅ gyuぎょ gyo
じゃ jaじゅ juじょ jo
ぢゃ (ja)ぢゅ (ju)ぢょ (jo)
びゃ byaびゅ byuびょ byo
ぴゃ pyaぴゅ pyuぴょ pyo

Cara Menulis Hiragana

Selanjutnya dalam belajar hiragana agar sesuai dan proporsional seperti aslinya, cara menulis hiragana memiliki aturannya sendiri. Begitupula dengan katakana dan kanji. Berikut ini adalah aturan dalam penulisan huruf hiragana yang benar.

  1. Dari atas ke bawah, bila terdapat huruf dengan bentuk vertikal diharuskan untuk menuliskannya dari atas ke bawah
  2. Dari kiri ke kanan, bila terdapat huruf dengan bentuk horizonal diharuskan untuk menuliskannya dari kiri ke kanan
  3. Dahulukan bentuk horizontal, ketika ada huruf gabungan dari horizontal dan vertikal, diharuskan untuk mendahulukan yang horizontal

Itulah cara menulis hiragana yang harus diperhatikan dalam belajar hiragana kali ini. Supaya mudah dalam menghafalkan, saya sarankan untuk menghafalkan perbaris, seperti a i u e o atau ka ki ku ke ko.

Penggunaan atau Fungsi Hiragana

Penggunaan huruf bahasa jepang berbeda-beda, tergantung kata apa yang akan dituliskan. Anda perlu menggunakan hiragana bila menuliskan kata berikut ini.

  1. Sebagai partikel, terdapat berbagai partikel dalam bahasa jepang dan harus dituliskan menggunakan hiragana
  2. Hiragana juga digunakan untuk menulis kata kerja, kata benda, dan kata sifat, serta kata sambung yang bercampur dengan kanji
  3. Sebagai pengganti huruf kanji
  4. Sebagai furigana atau penunjuk bacaan huruf kanji

Belajar Huruf Katakana

Selain belajar hiragana, anda juga diharuskan paham mengenai huruf katakana, walaupun jarang dijumpai dalam percakapan sehari-hari, namun tetap saja kita harus menguasainya agar tidak kesulitan.

1. Katakana Standar

Untuk memulai belajar huruf katakana silahkan pelajari dulu bentuk setiap hurufnya. Pelafalannya sama seperi hiragana, hanya saja bentuknya yang berbeda. Terdapat beberapa huruf yang jarang digunakan dalam katakana, salah satunya ialah Wo (ヲ).

Dalam materi belajar hiragana diatas sudah dijelaskan bahwa penulisan partikel hanya menggunakan huruf hiragana. Sedangkan Wo (ヲ) hanya berfungsi sebagai partikel, sehingga jarang sekali penggunaan huruf tersebut digunakan.

AIUEO
ア aイ iウ uエ eオ o
カ kaキ kiク kuケ keコ ko
サ saシ shiス suセ seソ so
タ taチ chiツ tsuテ teト to
ナ naニ niヌ nuネ neノ no
ハ haヒ hiフ fuヘ he
マ maミ miム muメ meモ mo
ヤ yaユ yuヨ yo
ラ raリ riル ruレ reロ ro
ワ waヰ wiヱ weヲ wo
ン n

Memang cukup seulit untuk belajar katakana, karena ada beberapa huruf yang hampir terlihat sama. Misalnya シ (shi) dengan ツ (tsu), ソ (so) dengan ン (n), lalu bagaiamana cara membedakannya?

Caranya cukup mudah, huruf シ (shi) dan ン (n) ditulis dari bawah sehingga akan telihat runcing pada bagian atas jika menulis menggunakan pulpen. Dan sebaliknya, huruf ツ (tsu) dan ソ (so) ditulis dari atas, sehingga akan runcing pada bagian bawah.

Jadi perhatikan terlebih dulu cara penulisannya, ikutilah aturan yang telah ditetapkan agar tidak kebingungan. Selain itu dapat dilihat juga dari segi kemiringan pada huruf jika dilihat dari pc/laptop atau android.

Contoh Kata Katakana Standar:

  • トマト (tomato) = tomat
  • カメラ (kamera) = kamera
  • ミルク (miruku) = susu / milk

2. Katakana Tenten dan Maru

Seperti halnya hiragana, katakanapun memiliki jenis tenten dan maru, yang mana memiliki arti sama dengan hiragana sebelumnya. Untuk bentuknya silahkan perhatikan tabel berikut ini agar lebih jelas.

AIUEO
ガ gaギ giグ guゲ geゴ go
ザ zaジ jiズ zuゼ zeゾ zo
ダ daヂ jiヅ zuデ deド do
バ baビ biブ buベ beボ bo
パ paピ piプ puペ peポ po

Apakah anda melihat terdapat huruf yang memiliki arti sama? Iya betul memang sama, namun yang paling sering digunakan ialah ジ (ji) dan ズ (zu).

Contoh Kata Katakana Tenten dan Maru:

  • テレビ (terebi) = televisi
  • パソコン (pasokon) = Personal Computer / PC
  • インドネシア (Indoneshia) = Indonesia

3. Katakana Yōon

Lalu yang terakhir ialah Yōon, memiliki dua huruf yang berpasang-pasangan namun memiliki satu arti. Langsung saja perhatikan tabel berikut.

YaYuYo
キャ kyaキュ kyuキョ kyo
シャ shaシュ shuショ sho
チャ chaチュ chuチョ cho
ニャ nyaニュ nyuニョ nyo
ヒャ hyaヒュ hyuヒョ hyo
ミャ myaミュ myuミョ myo
リャ ryaリュ ryuリョ ryo
ギャ gyaギュ gyuギョ gyo
ジャ jaジュ juジョ jo
ビャ byaビュ byuビョ byo
ピャ pyaピュ pyuピョ pyo

Contoh Kata Katakana Yōon:

  • ジャカルタ (Jyakaruta) = Jakarta
  • キャノン (kyanon) = Canon
  • キャベツ (kyabetsu) = kobis

Cara Menulis Katakana

Aturan penulisan katakana tidak berbeda dengan aturan penulisan hiragana. Selain itu cara menulisnya pun sama saja dan tidak memiliki perbedaan. Oleh karena silahkan lihat kembali aturan penulisan belajar hiraga diatas yang sudah saya jelaskan.

Penggunaan atau Fungsi Katakana

Fungsi katakana digunakan untuk menuliskan kata atau bahasa asing, karena anda tahu sendiri bahwa Jepang tidak menggunakan alfabet untuk menuliskan bahasa asing seperi english. Oleh karena itu dengan katakana kita bisa menuliskan bahasa asing.

Contohnya seperti diatas yang sudah diberikan. Misalnya television, maka dituliskan menjadi テレビ (terebi) = televisi. Perlu diingat, walaupun dapat ditulis dengan hiragana, namun anda tetap harus menggunakan katakana dalam penerapan bahasa asing.

Mungkin pertemuan kali ini mengenai belajar hiragana dan katakana untuk pemula cukup sampai disini,. Silahkan teman-teman pahami, hafalkan dan latihan membaca sedikit demi sedikit agar terbiasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *